Selasa, 16 Februari 2021

Bisnis Properti Perumahan

Bisnis Properti Perumahan

 

Bisnis properti perumahan ialah suatu aktivitas di mana seseorang melakukan investasi pada satu rumah atau lebih, yang dalam pelaksanaannya tidak menggunakan biaya produksi. Karena tidak menggunakan biaya produksi sendiri, tentu sangat aman bagi para pelaku bisnis untuk mengontrolnya, dan hasilnya dapat diambil sewaktu-waktu di kemudian hari dalam bentuk keuntungan.

Pengertian Bisnis Properti Perumahan dan Harga Yang Menarik

 


Bisnis Properti Perumahan    

Ketika Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis properti jual beli rumah, tentunya Anda juga harus memahami hal-hal yang dibutuhkan maupun hal-hal yang harus Anda lakukan dalam menjalani bisnis ini, agar bisnis Anda nanti akan berhasil. Semua itu sangatlah penting untuk Anda ketahui dalam menjalankan bisnis yang Anda geluti. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja yang harus Anda persiapkan dan lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Harga properti adalah nilai dari suatu bisnis properti yang dapat mengalami kenaikan dan penurunan. Tidak sedikit faktor yang mempengaruhi harga properti, yang paling berpengaruh di antaranya adalah lokasi. Lokasi seperti kunci utama sebuah properti dapat berkembang dengan nilai yang semakin tinggi ataupun sebaliknya. Maka dari itu, sudah tentu lokasi menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli sebuah properti. Bisnis Properti Perumahan dan Perkembangannya
Saat ini bisnis properti rumah sedang mengalami perkembangan. Apalagi beberapa survei menyatakan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki tempat tinggal/rumah. Situasi inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis, dan peluang paling realistis yang bisa Anda manfaatkan adalah melakukan jual beli rumah. Selain itu, Anda juga bisa memfungsikan diri Anda sebagai makelar tanah dan rumah, yang tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Yang harus Anda perhatikan jika menjadi makelar adalah mencari target konsumen, yang membutuhkan niat dan waktu yang tidak terbatas.

Tips Penting Dalam Investasi

    Investasi pada sektor properti memang menjadi pilihan paling tepat bagi para investor untuk menjaga investasinya tetap menguntungkan, namun tidak banyak para investor yang kerap merasa harga properti yang dia beli tidak sesuai ekspektasi dalam retur on Investment. Beberapa developer kerap asal membuat rumah tanpa memikirkan investasi apa yang bisa di raih setelahnya.
Pada acara launching produk investasi bersama media, Andreas Nawawi, Managing Direktur Paramount Land menyampaikan, “Kita semua pasti sudah mengetahui pentingnya produk properti baik rumah, apartemen, ruko, dan bangunan komersial lainnya dijadikan sebagai media atau alat investasi. Produk investasi ini diakui oleh berbagai kalangan sebagai salah satu cara terbaik dan menjanjikan untuk ke depannya, karena investasi properti dinilai lebih aman, stabil dan menguntungkan dibanding jenis investasi lainnya. Untuk mendapatkan nilai investasi yang menjanjikan tentu ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam berinvestasi di properti. Ada tiga tips penting dalam berinvestasi di properti:

1.     MOMENTUM

2.     MANAJEMEN

3.     LOKASI

Momentum

    Sejak Agustus 2016, Bank Indonesia menurunkan suku bunga dengan menggunakan BI Seven Days Repo, menjadi 5,25 %, lebih rendah daripada BI Rate. Selain itu, adanya kesuksesan program pengampunan pajak (tax amnesti) sebagai upaya membuat orang-orang yang menyimpan kekayaan di luar negeri untuk membawa kembali aset mereka ke Indonesia tanpa harus membayar denda besar. Kondisi inilah yang disebut Momentum, yang berhubungan erat dengan  kemampuan kita membaca situasi.

Manajemen

    Manajemen terkait dengan produk properti yang akan disasar, reputasi pengembang, dan pengelolaan produk properti. Sebagai investor atau konsumen, kita mesti jeli memilih pengembang yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik, agar tidak tertipu dalam investasi oleh pengembang yang tidak berpengalaman.

Lokasi

    Lokasi menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan matang, dari sisi potensi pertumbuhan kawasan di sekitarnya, laju pertambahan penduduk, dan rencana pengembangan fasilitas pada masa depan. Dalam hal ini kerap kebijakan pemerintah dengan membangun fasilitas-fasilitas umum menjadi potensi berkembangnya nilai untuk investasi.
Dengan berinvestasi properti 3 tips penting ini perlu terus diperhatikan sebelum berinvestasi. Momentum yang tepat untuk membeli, manajemen perusahaan yang berdiri dibalik properti tersebut, dan lokasi dengan tumbuh kembang yang baik.

Hal Yang Harus diperhatikan dalam Bisnis Properti Perumahan

    Dalam melakukan bisnis jenis ini hal yang Anda butuhkan adalah kemampuan bernegosiasi dan juga keinginan bekerja keras yang tinggi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari rumah yang akan dijual. Setelah mendapatkan rumah yang akan dijual selanjutnya tugas Anda adalah mencari pembelinya. Trik mencari rumah yang Akan dijual Anda bisa melakukannya dengan cara mencari iklan di media baik yang Online atau offline. Atau Anda juga bisa langsung mendatangi kantor developer.

    Nah agar Anda mendapatkan untung yang besar dalam bisnis ini maka cari properti yang ada tulisannya seperti ini: dijual senilai BJOP, atau bisa juga dijual segera/cepat, bisa juga properti usang atau properti mau dilelang. Properti-properti jenis tersebut tentu mematok harga yang lebih rendah dari harga pasaran. Berbisnis properti jual beli rumah dengan kondisi seperti di atas tersebut selain akan menguntungkan juga Anda akan lebih mudah dalam bernegosiasi dengan si pemilik rumah tersebut. Kondisi properti yang sudah tidak seperti asli dan/atau kebutuhan si pemilik properti akan dana penjualan harus pandai Anda manfaatkan untuk bernegosiasi, dengan tetap menguntungkan semua pihak.

    Setelah Anda mendapatkan properti tersebut, maka langkah selanjutnya adalah Anda mencari pembeli. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengiklankan properti tersebut, seperti media cetak dan iklan gratis di internet. Jika Anda memiliki dana berlebih dan ingin menaikkan harga properti tersebut, perbaikilah properti tersebut hingga mendekati kondisi aslinya. Ada juga alternatif lain selain menjual properti tersebut dengan menjadikannya sebagai kos-kosan atau dikontrakkan. Akan tetapi, tentu Anda harus mempertimbangkan lokasi properti tersebut apakah ideal, dan Anda juga harus mengeluarkan usaha ekstra untuk memelihara properti tersebut agar tidak rusak selama digunakan oleh orang yang menyewa.
Adapun kendala dari bisnis jenis ini terletak pada pemasaran dan pengurusan dokumen-dokumen yang diperlukan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena semua akan terasa mudah jika Anda melakukannya dengan serius. Jalinlah relasi dengan berbagai pihak, salah satunya pihak yang kompeten dalam bidang pengurusan dokumen. Dan tentunya untuk pemasaran, di dunia digital sekarang ini Anda memiliki banyak pilihan, contohnya seperti yang disebutkan di atas.
Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bisnis properti perumahan jual beli rumah. Semoga hal tersebut dapat menjadi bekal Anda dalam menjalani bisnis jual beli rumah ini. Akan tetapi, pada dasarnya yang paling Anda butuhkan adalah niat dan kerja keras.

 

Tags :

bm

Latif Murdian

Direktur Utama

Dengan motto Resmi, Cepat dengan Harga Bersahabat, ditambah dengan pelayanan yang memuaskan, kami yakin bisa menjadi andalan perusahaan-perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya lainnya!

  • Latif Murdian
  • Juni 11, 2000
  • 53262 Cilacap Jawa Tengah
  • info@hause.id
  • 0816274340

Posting Komentar